Jurnal

Contoh Karya Seni Rupa Patung dan Asal Daerahnya

11 September 2023
Administrator
Dibaca 73 Kali
Contoh Karya Seni Rupa Patung dan Asal Daerahnya

Patung tergolong dalam karya seni rupa. Patung memungkinkan orang untuk bisa melihatnya dari berbagai sisi, karena itu patung juga dikategorikan dalam karya seni rupa tiga dimensi. 

Sama seperti karya seni lainnya, patung juga memiliki nilai keindahan. Sehingga siapa saja yang melihatnya dapat menimbulkan rasa kepuasan batin atau perasaan lainnya. 

Melansir situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), patung merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi atau volume, sehingga memungkinkan orang untuk melihat dari berbagai sisi. 

Karya seni rupa patung dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu arca dan relief. Arca adalah patung yang memiliki bentuk seperti makhluk hidup, contohnya manusia atau binatang. 

Sedangkan relief adalah patung yang hanya bisa dilihat dari arah depan dan biasanya terletak di dinding. 

Indonesia memiliki keberagaman karya seni patung di berbagai daerahnya. Apa sajakah contohnya? Berikut beberapa contoh karya seni rupa patung dan asal daerahnya:

  • Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali 

Patung Garuda Wisnu Kencana menjadi patung tertinggi di Indonesia, kurang lebih tingginya mencapai 120 meter. Patung ini menggambarkan Dewa Wisnu yang sedang mengendarai Burung Garuda. 

  • Patung Dirgantara atau Patung Pancoran di Jakarta 

Patung ini lebih dikenal dengan patung Pancoran, karena lokasinya yang berada di daerah Pancoran. Patung ini kira-kira memiliki tinggi sekitar 27 meter. Tujuan awal pembuatannya ialah untuk bidang penerbangan Indonesia atau dirgantara. 

  • Patung Monumen Selamat Datang di Jakarta 

Patung Monumen Selamat Datang terletak di tengah Bundaran Hotel Indonesia atau Bundaran HI, Jakarta. Patung ini menggambarkan sepasang remaja yang melambaikan tangan. 

Ide pembuatan patung ini datang dari presiden pertama Indonesia, yakni Ir. Soekarno. Tujuan awal pembuatannya ialah untuk menyambut peserta ASEAN Games VI di Jakarta pada 1962.

  • Patung Jalesveva Jayamahe di Surabaya 

Patung ini menggambarkan sosok perwira TNI Angkatan Laut yang sedang melihat jauh ke arah laut. Tinggi patung ini kira-kira 30 meter dan terletak di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

  • Patung Martha Christina Tiahahu di Ambon, Maluku 

Patung ini menggambarkan salah satu tokoh pahlawan nasional bernama Martha Christina Tiahahu yang berasal dari Maluku. Patung ini dibuat untuk mengenang keberanian dan kegigihannya dalam melawan penjajahan.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image