Jurnal

Memulai Identifikasi Potensi dan Masalah yang ada di Desa

12 November 2023
Administrator
Dibaca 58 Kali
Memulai Identifikasi Potensi dan Masalah yang ada di Desa

Desa, saat ini desa menjadi salah satu prioritas pembangunan negara. Melalui Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, desa difasilitasi pendanaan untuk pengembangan desa yang lebih baik. Banyak diantaranya desa yang memakai dana desa harus memulai dari mana dalam membangun desa.

Dimulai dari mana mengembangkan desa?

Pengembangan desa dimulai dengan mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh desa. Untuk mengetahui kebutuhan kita perlu mengidentifikasi apa saja hal tersebut.

Identifikasi merupakan salah satu kegiatan menemukenali, menentukan identitas dari orang, benda atau hal-hal lain termasuk diantaranya dapat dilakukan untuk potensi dan masalah yang ada di desa. Identifikasi ini dilakukan untuk mengenali dan mencatat potensi apa saja yang ada di desa dan permasalahan apa saja yang ada di desa.

Potensi merujuk pada segala sesuatu yang dapat mendukung pembangunan dan dapat dikembangkan kearah yang lebih baik, sedangkan permasalahan, merujuk pada segala sesuatu yang menghambat pembangunan dan pengembangan desa. Dari proses identifikasi potensi dan masalah kita dapat mengetahui kira-kira apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan maupun menyelesaikan masalah yang ada di desa.

Potensi dan masalah di sektor atau aspek mana saja yang perlu dilihat?

Berdasarkan teori pembangunan dan pengembangan wilayah yang berkelanjutan kita perlu melihat pada 3 aspek utama (triple bottom line) yang melatarbelakangi pembangunan berkelanjutan yang ada di suatu wilayah, diantaranya adalah sebagai berikut:

Manusia/People

Di desa, pembangunan tidak akan lepas dari pelaku pembangunan, yaitu manusia. Manusia menjadi peranan penting dalam sebuah pembangunan. Mengapa penting untuk di identifikasi? untuk mengembangkan sebuah potensi yang ada di desa, manusia perlu menjadi pertimbangan dalam pembangunan, apakah manusia atau masyarakatnya sudah siap dalam membangun desa? Atau sudahkah siap dalam menerima wisatawan asing yang akan mengunjungi desa tersebut? Apakah masyarakat sudah siap dalam merawat lingkungan untuk menjaga kelestarian wisata yang ada di desa?

Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi hal yang perlu dikenali baik dalam konteks potensi maupun permasalahan, sehingga dalam pembangunan sebuah wilayah kita perlu melihat kesiapan sumber daya manusia yang akan berpartisipasi dalam pembangunan desa.

Lingkungan/ Planet

Lingkungan menjadi salah satu faktor pembangunan selanjutnya yang perlu dilihat apakah ada permasalahan yang menjadi penghambat dalam pengembangan desa. Apa saja contohnya? Sebagai contoh: Untuk mengembangkan potensi Curug Begawan di desa A, perlu adanya aksesibilitas atau jalan menuju ke tempat tersebut.

Pertanyaannya adalah apakah jalan menuju objek wisata sudah terkonsep dan terbangun dengan baik? Dimulai dari mana pembangunan jalannya? Jalan mana yang menjadi prioritas? Dengan demikian kita mengetahui apa saja yang perlu dilakukan di sektor lingkungan.

Contoh lain juga bisa dilihat pada lingkungan alam tercemar karena adanya dampak wisata yang sudah berjalan atau tidak? Terkadang juga wisatawan sering membuang sampah sembarangan dan akhirnya menurunkan nilai dari kualitas wisata alam yang akan dikembangkan? Siapa yang dirugikan? Tentu saja masyarakat yang memiliki dan yang akan mengembangkan wisata tersebut. Dengan adanya permasalahan tersebut kita bisa tahu solusi yang mungkin akan dilakukan jika tahu permasalahannya.

Ekonomi/ Profit

Sektor ekonomi penting dilihat dalam sebuah pembangunan desa. Jika sebuah pembangunan tidak melihat sektor ekonomi sebagai salah satu hal penting yang dipertimbangkan, maka pembangunan dan pengembangan wilayah tidak akan berjalan dengan baik dan cenderung akan berhenti.

Contohnya adalah jika pengembangan Curug Begawan di desa A tidak memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar, rasa kepemilikan untuk merawat dan memperbaiki permasalahan yang ada di Curug Begawan akan menurun dan lama-kelamaan kegiatan wisata tersebut akan ditinggalkan masyarakat karena tidak memberikan profit demi kesejahteraan keluarga yang ada di masyarakat sekitar. Ekonomi dilihat dari sumber pendapatan baru atau pendukung. Jika pendapatan atau sumber ekonomi rusak (Curug Begawan) tentunya akan berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Masing-masing aspek yang dilihat (manusia, lingkungan, ekonomi) perlu dilakukan analisis dan menentukan prioritas, permasalahan di aspek mana saja yang menjadi perhatian dan utama dan menentukan serta berpengaruh dalam pembangunan dan pengembangan desa. Aspek atau sektor tersebutlah yang akan menjadi prioritas dalam penyelesaian dan pemenuhan pendanaan yang besar. Sehingga pengembangan desa dapat dilakukan.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image