Jurnal

Pentingnya Pelatihan UMKM, Apa Manfaatnya?

31 Agustus 2023
Administrator
Dibaca 58 Kali
Pentingnya Pelatihan UMKM, Apa Manfaatnya?

Perkembangan UMKM saat ini sedang mengalami kemajuan yang pesat. Tapi, tidak menutup kemungkinan UMKM ini mengalami fase penurunan. Dimana para pelaku usaha harus bisa mengatasi permasalahan yang terjadi, seperti melakukan pengembangan pada bisnisnya.

Salah satu cara bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya yaitu dengan mengikuti Pelatihan UMKM. Pelatihan UMKM ini memang masih terdengar tabu di telinga masyarakat Indonesia. Banyak yang masih bertanya – tanya apa itu Pelatihan UMKM, apa tujuannya, bagaimana pelaksanaanya, apa manfaatnya dan masih banyak pertanyaan lainnya.

BACA JUGA:

PaDi UMKM Tingkatkan Peran Pelaku Bisnis Lokal Sumut pada Ajang F1H2O

Pelatihan UMKM merupakan suatu kegiatan pelatihan untuk para pengusaha kecil menengah yang dikemas dalam berbagai macam bentuk, biasanya disesuaikan dengan masing – masing bidang usaha yang digelutinya.

Seperti yang dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno tanggal 4 Juni 2022 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sandiaga Uno bekerja sama dengan Yayasan Indonesia melaksanakan pelatihan membuat sabun cair untuk para pelaku usaha UMKM. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha dalam menekan biaya produksi, menambah penghasilan dan menciptakan lapangan kerja baru.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari Pelatihan UMKM ini :

Memberikan pemahaman lebih terkait UMKM 

Dalam pelatihan ini, pelaku usaha dapat mengetahui banyak hal mengenai usaha yang dijalankannya. Pelaku usaha dapat berdiskusi untuk mendapatkan solusi dengan berbagai pihak, terkait dengan permasalahan yang terjadi pada usahanya.

BACA JUGA:

UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)

Meningkatkan kreatifitas

Dengan mengikuti kegiatan ini, masyarakat diajari untuk mengembangkan kreatifitasnya. Harapannya dengan kreatifitas yang dimiliki bisa membantu pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya atau mengembangkan ide kreatif nya menjadi sebuah peluang bisnis yang baru.

Meningkatkan pengetahuan tentang Teknologi Baru

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, pelaku usaha sudah seharusnya melek teknologi agar usaha yang dijalankannya mampu bersaing di era digital ini. Melalui pelatihan UMKM, masyarakat diberikan pemahaman tentang penggunaan teknologi terbaru. Jadi tidak hanya diajarkan mengenai pelaksanaan teknis atau operasional usahanya saja. 

Dengan memberikan pemahaman tentang penggunaan teknologi terbaru, di harapkan masyarakat dapat menggunakan perkembangan teknologi ini untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya.

BACA JUGA:

Dukung Target 30 Juta UMKM Onboarding di Tahun 2023, OJK Gelar Digitalisasi UMKM

Jadi, pelatihan UMKM ini sangat penting untuk dilaksanakan dan diikuti oleh masyarakat. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan masyarakat yang telah memiliki usaha dapat mengembangkan usahanya ke arah yang lebih baik dan bagi masyarakat yang belum memiliki usaha dapat memiliki ide bisnis baru yang selanjutnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang banyak.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image