Jurnal

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Kembangkan Potensi Desa Wisata Ngindeng

23 Juni 2023
Administrator
Dibaca 61 Kali
Mahasiswa KKN Untag Surabaya Kembangkan Potensi Desa Wisata Ngindeng

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya kembali melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada Rabu, 4 Januari 2023. Kegiatan ini berlangsung selama 12 hari, yang dimulai sejak tanggal 4 Januari 2023 hingga 15 Januari 2023 dilaksanakan di Desa Ngindeng Ponorogo, dengan membawakan tema “Pengembangan Potensi Desa Menuju Smart Tourism Village”. 

Melalui tema tersebut, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya resmi melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler ke beberapa Kabupaten yang ada di Jawa Timur. 

Kelompok KKN R01 ditempatkan di Desa Ngindeng Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, yang akan membantu dalam pengembangan UMKM dan wisata Bendungan Bendo yang ada di Desa Ngindeng Ponorogo. 

Baca Juga:

Mengenal Potensi dan Fungsi Desa

Dalam pelaksanaan kegiatan kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) R01 Desa Ngindeng ini dibimbing oleh Bapak Dr. Achmad Yanu Alif Fianto, ST., MBA selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

Kegiatan yang dilakukan selama 12 hari meliputi program kerja kelompok, program kerja bidang dan program kerja individu.

Pada kelompok R01 Desa Ngindeng Ponorogo sendiri memiliki 3 kategori bidang, yaitu bidang komersialisasi, bidang edukasi dan bidang digitalisasi. 

Setiap bidang melakukan penyuluhan dan sosialisasi yang sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Baca Juga:

Pemberdayaan Komunitas: Pengertian, Proses, Prinsip, dan Contohnya

Pada bidang digitalisasi melakukan penyuluhan tentang bagaimana cara mempromosikan produk secara digital, kemudian pada bidang komersialisasi melakukan penyuluhan tentang bagaimana cara pemasaran produk melalui internet atau berbasis online, dan pada bidang edukasi melakukan penyuluhan tentang pengenalan mengenai pentingnya membuang sampah.

Mahasiswa KKN R01 telah memaksimalkan dalam menjalankan program kerja yang akan dilaksanakan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa Ngindeng.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image