Jurnal

Bank Sampah Dan TPS3R Kurangi Permasalahan Sampah Di Sleman

19 September 2023
Administrator
Dibaca 57 Kali
Bank Sampah Dan TPS3R Kurangi Permasalahan Sampah Di Sleman

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, DIY, Dwi Anta Sudibya menyebut saat ini terdapat 210 unit bank sampah dan 25 unit TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle) di Sleman. Keberadaan bank sampah dan TPS3R ini mampu mengurangi permasalahan sampah di Sleman. 

Ia mengatakan, semua pengelolaan sampah tersebut mampu mengurangi  sampah hingga 22,48% dengan berat 57,757 ton/per tahun. "Pengelolaan sampah di TPS3R perhari mencapai 94,16%, sedangkan  untuk persentase sampah terkelola oleh Bank Sampah per hari mencapai  61,87%," jelasnya.di sela-sela mendampingi Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menyerahkan hibah sarana dan prasarana pengolahan sampah di Sardonoharjo, Ngaglik. 

Dikatakan, TPA Piyungan akan ditutup pada 2022, sehingga TPS3R menjadi salah satu ujung tombak dalam pengelolaan sampah. "Target kita pada tahun 2025 yakni di angka 25 persen,"  tambahnya. 

Bupati Sleman Kustini Purnomo mengatakan bantuan sarana dan prasarana yang dihibahkan ini merupakan bentuk apresiasi Pemkab Sleman kepada Kelompok pengelola sampah mandiri di Kabupaten Sleman yang terdiri dari Bank Sampah dan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse  Recycle (TPS3R), karena telah membantu berkontribusi dalam mengurangi sampah di masyarakat. 

"Ini merupakan bentuk apresiasi Pemkab Sleman untuk mendukung kegiatan pengelolaan sampah. Saya harap bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimal," kata Kustini. 

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Sleman untuk melakukan pengelolaan sampah mandiri yang dimulai dari keluarga masing-masing, dimana setiap keluarga melakukan pemilahan sampah sejak dalam rumah tangga. Sampah  anorganik dikelola bank sampah, dan sampah organik dikelola dengan pembuatan kompos rumah tangga. 

"Harapannya, agar sampah ini dikelola atau bahkan bahkan bermanfaat menambah ekonomi keluarga," katanya. 

Ke depan, lanjutnya, konsep pengelolaan sampah zero waste di TPS3R Brama Muda akan menjadi percontohan di 25 unit TPS4R yang ada di Kabupaten Sleman. "Fasilitas di TPS3R Brama Muda sudah lengkap mulai dari pemilah, pencacah, pengayak,press plastik, unit kompos dan penguraian sampah dengan maggot, dan akan kami tambahkan incinerator sehingga zero waste bisa tercapai," katanya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image