Jurnal

FOCUS GROUP DISCUSSION: Perlunya Pemahaman Digitalisasi di Desa

12 Agustus 2023
Administrator
Dibaca 68 Kali
FOCUS GROUP DISCUSSION: Perlunya Pemahaman Digitalisasi di Desa

Kegiatan FGD yang digelar Ketua DPRD Provinsi Jateng Bambang Kusriyanto di Kabupaten Semarang, Jumat (18/11/2022), dibahas mengenai pentingnya digitalisasi desa. (foto diana sulistyana)

UNGARAN – Dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Ketua DPRD Provinsi Jateng Bambang Kusriyanto di Kabupaten Semarang, Jumat (18/11/2022), dibahas mengenai pentingnya digitalisasi desa. Narasumber yang hadir dalam kegiatan itu yakni Kepala Desa Banyubiru Sri Anggoro dan Kabid Aplikasi & Informatika Diskominfo Kabupaten Semarang Vega Lazuardi.

Dalam paparannya, Sri Anggoro menyambut baik layanan digital dapat diterapkan di desa. Karena, dengan digitalisasi itu, maka dapat mempermudah akses pelayanan kepada masyarakat mengenai informasi yang dibutuhkan dan mempunyai banyak manfaat, salah satunya di sektor UMKM.

“Pelayanan yang sifatnya sistem aplikasi desa untuk masyarakat, pemanfaatan era digitalisasi itu agar kita lebih mudah mencari peluang pasar jual/ beli lewat online. Jika kita bisa memanfaatkannya, maka produk UMKM yang ada di masyarakat dapat dimasukkan ke toko online. Kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal. Maka dari itu, peningkatan SDM juga penting di era saat ini,” jelas Sri.

Narasumber lainnya, Vega Lazuardi, menjelaskan secara singkat bahwa digitalisasi bisa dikatakan pemindahan analog ke digital. Untuk itu, masyarakat juga harus upgrade agar bisa mengikuti perkembangan zaman secara baik dan bijak.

“Digitalisasi itu adalah alat yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pembelajaran online dan bisnis online. Contoh, jual/ beli online lebih praktis karena kita tidak harus memiliki toko karena tokonya bisa lewat aplikasi jual/ beli yang ada. Selain dampak positif, ada pula dampak negatifnya. Dalam hal ini, masyarakat harus bijak menggunakan layanan digital dan harus lebih teliti,” jelas Vega. (diana/ariel)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image