Jurnal

Kenali Perbedaan TPS, TPS 3R, dan TPST

09 Oktober 2023
Administrator
Dibaca 51 Kali
Kenali Perbedaan TPS, TPS 3R, dan TPST

Sampah teman-teman yang biasa di buang di bak sampah depan rumah,  akan diambil oleh tukang sampah. Nah, sampah tersebut biasanya dibawa ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

TPS ini fungsinya sebagai tempat transit bagi sampah-sampah rumah tangga (sampah yang biasa kita buang) sebelum sampah diangkut ke tempat pendauran ulang, pengolahan, dan/ atau tempat pengolahan sampah terpadu.

Nah TPS ini sesuai dengan namanya, memang sebagai tempat menampung sampah saja.

Sampah di TPS tidak boleh menumpuk selama lebih dari 24 jam, jadi harus segera dipindahkan ke tempat pengolahan agar tidak menimbulkan bau busuk ataupun menghasilkan cairan lindi (cairan yang berasal dari sampah). 

Sedikit berbeda dengan TPS, ada tempat yang juga digunakan untuk menampung sampah, namanya TPS 3R (Reduce, reuse, recycle ).

Sesuai dengan namanya, tempat ini tidak hanya digunakan untuk menampung sampah saja, melainkan juga sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, dan pendauran ulang skala kawasan. 

Jadi, di dalam TPS 3R ada kegiatan seperti, pemilahan sampah organik dan anorganik ataupun penggunaan ulang sampah, seperti kaleng bekas yang dijadikan pot tanaman, dan juga pembuatan pupuk kompos dari sampah organik.

Nah karena ada proses tersebut maka di TPS 3R terdapat keterlibatan masyarakat dalam mengolah sampah. 

Selain TPS dan TPS 3R, ada fasilitas pengolahan sampah yang skalanya lebih besar, yaitu Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). 

TPST merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, dan pemrosesan akhir.

Pemrosesan Akhir Sampah adalah proses pengembalian sampah dan/atau residu hasil pengolahan sampah sebelumnya ke media lingkungan secara aman. Loh, bukannya pemrosesan akhir di Tempat Pemrosesan Akhir ya? Ya, memang betul. 

Jadi, TPST ini TPA yang lebih komprehensif. Bedanya, sampah yang masuk ke TPA biasanya sampah yang dikumpulkan dari berbagai TPS ataupun TPS 3R dari berbagai tempat, sedangkan di TPST, sampah yang diproses memang dari awal sudah dikumpulkan dan dipilah di situ.

Nah untuk lebih jelas tentang perbedaan TPS, TPS 3R, dan TPST, coba lihat tabel berikut, semoga semakin paham ya gaes :)

Gimana, gampang kan membedakan mana TPS, mana TPS 3R, dan mana TPST ? Kalau di daerah kalian, fasilitas mana yang pernah kalian temui?

Oke, sekian dulu ya. Nanti kita belajar lingkungan lagi

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image