Jurnal

Bank Mandiri Salurkan Kredit UMKM Rp115,97 T Dalam 2 Bulan

21 Juli 2023
Administrator
Dibaca 66 Kali
Bank Mandiri Salurkan Kredit UMKM Rp115,97 T Dalam 2 Bulan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) berupaya memberikan dukungan akses pembiayaan untuk sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal tersebut sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk memperluas dukungan perbankan bagi pelaku UMKM.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, hingga akhir Februari 2023 realisasi kredit UMKM Bank Mandiri secara bank only telah menembus Rp 115,97 triliun. Capaian tersebut naik 10% dari posisi tahun sebelumnya sebesar Rp 105,53 triliun.

Baca juga: 

Dukung Target 30 Juta UMKM Onboarding di Tahun 2023, OJK Gelar Digitalisasi UMKM

"Dari jumlah tersebut, pertumbuhan tersebut terjadi pada sektor usaha mikro dengan realisasi menembus Rp 69,68 triliun per Februari 2023. Tumbuh lebih dari 4,6 kali lipat bila dibandingkan posisi Februari 2022," ungkapnya, di gedung Plaza Mandiri, Kamis malam (13/4).

Rudi mengatakan, untuk mendorong penyaluran UMKM, pihaknya telah memiliki berbagai strategi yang terus diterapkan secara ekspansif selama beberapa waktu terakhir. Strategi tersebut mencakup melalui pemetaan atau segmentasi pasar calon debitur khususnya pelaku UMKM.

Termasuk melakukan pemetaan risiko dengan memeriksa profil usaha, kemampuan bisnis, dan kondisi keuangan calon debitur.

Baca juga: 

5 Permasalahan UMKM yang Sering Terjadi dan Solusinya

"Dalam melakukan pemetaan tersebut, kami juga menerapkan kredit scoring yang mengacu pada risk appetite perseroan Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko kredit yang mungkin timbul di kemudian hari," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mengadakan program pelatihan dan pendampingan untuk membantu usaha rakyat meningkatkan literasi keuangan. Hal ini dilakukan agar usaha rakyat dapat memahami pentingnya manajemen keuangan yang baik dan dapat mengelola keuangan usaha dengan lebih baik.

Baca juga: 

Wadahi Pelaku UMKM Desa Berjualan, Pemuda Ini Kembangkan Aplikasi Talok Go

"Bank Mandiri terus meningkatkan akses layanan keuangan bagi usaha rakyat. Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan keberadaan jaringan Cabang dan Mandiri Agent, menyediakan layanan digital, dan kerjasama dengan nasabah/debitur wholesale untuk menyalurkan KUR kepada mitra binaan atau value chainnya," pungkasnya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image