Jurnal

Bangun Potensi Desa, BEM FEB UMP Canangkan Mitra Desa 2023

06 April 2023
Administrator
Dibaca 81 Kali
Bangun Potensi Desa, BEM FEB UMP Canangkan Mitra Desa 2023

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar pembukaan Mitra Desa bertempat di Balai Desa Pasir Lor, Karanglewas, Banyumas.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Drs. Dwi Nur Wijayanto, MPP, M.Eng selaku Camat Karanglewas serta Sulaiman S.T selaku sekretaris Desa Pasir Lor.

Ada pula Hadi Pramono, S.E., M. Si., Ak., CA selaku Wakil Dekan II FEB UMP, serta Ketua Lembaga Keluarga Mahasiswa FEB UMP dan warga desa Pasir Lor.

Baca juga:

BINUS Luncurkan Media Partnership Program, Bangun Hubungan Sinergis

ADVERTISEMENT

Ketua Mitra Desa BEM FEB UMP Cindy Salawatan Trisyanti mengatakan kegiatan sebagai bentuk kerja sama yang bertujuan membangun potensi desa, khususnya dalam bidang pendidikan dan ekonomi melalui program yang telah dicanangkan.

"Kegiatan Mitra Desa akan berlangsung setiap hari Sabtu dari tanggal 11 Februari hingga 8 April 2023. Terdapat 2 program yakni pendampingan UMKM sebagai upaya membantu dan mendukung pelaku UMKM di desa setempat serta

Program Economic Family Foundation (EFFON) guna mengembangkan pendidikan kreatif yang menyenangkan berupa pengajaran bagi TK dan TPQ,” katanya, Rabu (22/2/2023).

Baca juga:

Potensi Desa adalah: Potensi Fisik Desa dan Non-Fisik

ADVERTISEMENT

Luthfi Arie Widzayanto selaku BEM FEB UMP menambahkan Mitra Desa menjadi implementasi dari catur dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat.

"Mitra Desa ini termasuk program tahunan kami sebagai upaya dedikasi mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat yang kreatif, inovatif, dan kolaboratif," jelasnya.

Sementara itu Wakil Dekan II FEB UMP Hadi Pramono, SE.MSi Ak CA berharap kepada mahasiswa agar mampu memberikan dampak melalui kegiatan tersebut.

"Semoga mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini mampu mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dari organisasi kepada masyarakat luar agar dapat bermanfaat," terangnya.

Baca juga:

Desa Digital: Memajukan Cibiru Wetan Melalui Digitalisasi

ADVERTISEMENT

Camat Karanglewas Drs. Dwi Nur Wijayanto, MPP, MEng memberikan arpesiasi dan antusias sebagai bentuk dari penerimaan kegiatan Mitra Desa oleh masyarakat Pasir Lor yang disambut dengan baik.

Setelah pembukaan, dilanjut dengan sosialisasi Manajemen Keuangan dengan narasumber Alfalisyado, S.E., Sy, M.E selaku Dosen FEB UMP. Sosialisasi tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait cara mengelola keuangan yang baik dalam membuka usaha. 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image