Jurnal

Bantu Wujudkan Desa Digital, Mahasiswa KKN UNDIP membuat WebGIS Desa Sidapurna

13 Maret 2023
Administrator
Dibaca 50 Kali
Bantu Wujudkan Desa Digital, Mahasiswa KKN UNDIP membuat WebGIS Desa Sidapurna

Program desa digital merupakan salah satu program yang dirancang pemerintah untuk meminimalkan adanya kesenjangan terhadap informasi di wilayah

Pedesaan dengan memanfaat teknologi informasi dan komunikasi yang telah berkembang.

Konsep desa digital merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dalam pelayanan publik dan kegiatan perekonomian.

Desa Sidapurna merupakan salah satu desa di kecamatan Dukuhturi yang saat dalam tahap pengembangan menuju desa digital.

Baca Juga

Membangun Desa Digital

Dalam rangka mewujudkan desa digital, saat ini Desa Sidapurna sudah memiliki website resmi desa untuk memberikan pelayanan dan informasi kepada warganya dan menjadi pelopor dalam pembuatan website desa di kabupaten Tegal.

Website desa akan menjadi platform tata kelola desa yang menawarkan sejumlah layanan seperti sistem informasi pembangunan desa, administrasi, kependudukan, pelayanan publik, anggaran, dan berbagai layanan lainnya.

Dalam hal ini mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2022/2023 membantu mewujudkan kelengkapan website Desa Sidapurna dengan membuat WebGIS Profil Desa 

WebGIS sendiri merupakan peta digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media informasi terkait data spasial.

Baca juga:

Kelola Sampah dengan Sistem TPS 3R, Apa Itu?

Dalam webGIS ini mahasiswa KKN UNDIP membuatkan fitur layanan informasi bagi masyarakat Desa Sidapurna terkait informasi spasial desa yang terdiri dari wilayah administrasi desa, batas RT/RW, sebaran fasilitas umum, UMKM, dan fitur lainnya.

Untuk data statistic sendiri ditampilkan di dalam Dashboard Desa Sidapurna.

Adanya webGIS Desa Sidapurna ini diharapakan dapat melengkapi website desa menjadi lebih lengkap dalam memberikan layanan informasi dan dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan potensi UMKM desa yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sidapurna.

Penulis: Alvin Nugraha Aditiya (Teknik Geodesi/Fakultas Teknik)

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image