Jurnal

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Seminar Strategi Pemasaran Berbasis Digital Marketing

27 Februari 2023
Administrator
Dibaca 39 Kali
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Seminar Strategi Pemasaran Berbasis Digital Marketing

Dalam upaya meningkatkan perekonomian di desa Ngadipuro, divisi ekonomi kelompok KKN Ngadipuro 1 melaksanakan program kerja yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat.

Salah satu tujuan dari program kerja tersebut adalah mengembangkan pengetahuan masyarakat terkait digital mareketing guna meningkatkan perekonomian.

Masyarakat di desa Ngadipuro termasuk ibu-ibu PKK beberapa memiliki usaha rumahan seperti membuat keripik kelapa, rempeyek, keripik pare, membuat jenang dari buah pudak, dsb.

Baca juga:

Potensi Desa − Pengertian, Macam, dan Manfaatnya

Namun usaha rumahan seperti ini tidak bertahan lama atau hanya melakukan produksi ketika ada pesanan saja.

Hal ini disebabkan karena kendala dalam pemasaran, masyarakat hanya bisa memasarkan produknya ke daerah sekitar rumah saja atau ke seputar wilayah desa Ngadipuro.

Padahal jika mereka dapat memasarkan produknya secara online, maka produknya akan dapat diketahui oleh masyarakat luas sehingga penjualan akan meningkat dan usaha dapat bertahan atau bahkan dapat berkembang.

Dari permasalahan tersebut mahasiswa KKN kelompok Ngadipuro 1 berinisiatif mengadakan Seminar dengan tema “Strategi Pemasaran Berbasis Digital Marketing”.

Untuk memperkenalkan pemasaran secara online melalui media sosial beserta strategi pemasarannya kepada audiens.

Pada hari Senin tanggal 13 Februari 2023, pukul 13.00 WIB divisi ekonomi menggelar kegiatan seminar tersebut di balai desa Ngadipuro.

Seminar ini diikuti oleh perangkat desa Ngadipuro, ibu-ibu PKK, pelaku UMK, beberapa masyarakat setempat, dan seluruh peserta KKN kelompok 1 dengan didampingi oleh bapak kepala desa Ngadipuro.

Dalam melaksanakan seminar ini kami mengundang narasumber yang memang berkompeten dalam bidangnya.

Ibu Fira Ibialti Kreatitin, S.Pd, M.M yang merupakan guru ekonomi di SMAN 1 Sutojayan.

Baca juga:

Desa Bukit Raya PPU Jadi Desa Digital Pertama di IKN Nusantara

Dengan background pendidikan dan pengalaman yang dimilikinya kami yakin bahwa ibu Fira akan dapat memberikan materi sesuai dengan harapan kami.

Seminar ini berjalan dengan lancar, narasumber menyampaikan materi yang sudah disiapkan sebelumnya dengan media power point melalui proyektor.

Setelah kurang lebih 1 jam narasumber menyampaikan materi, akhirnya sampai pada sesi tanya jawab.

Pada sesi tanya jawab ini, terdapat 3 pertanyaan yang disampaikan oleh audiens, kebetulan yang menyampaikan pertanyaan adalah mahasiswa KKN.

Narasumber menjawab setiap pertanyaan dari audiens dengan jawaban yang jelas dan lengkap, sehingga mudah dipahami oleh peserta lainnya.

Setelah sesi tanya jawab berakhir seminar pun selesai dan ditutup dengan penyerahan sertifikat oleh ketua pelaksana kepada narasumber serta foto bersama seluruh peserta yang hadir dengan mahasiswa KKN dan narasumber.

Akhirnya proses demi proses sudah terselesaikan, kami berharap materi yang telah disampaikan dapat memberikan solusi dari permasalahan masyarakat mengenai masalah pemasaran serta dapat meningkatkan penjualan dan pendapatannya.

Sumber : https://lp2m.uinsatu.ac.id/2023/02/27/pemberdayaan-masyarakat-melalui-seminar-strategi-pemasaran-berbasis-digital-marketing/

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image