Jurnal

KIM sebagai Ujung Tombak Membangun Desa Digital

16 Februari 2023
Administrator
Dibaca 61 Kali
KIM sebagai Ujung Tombak Membangun Desa Digital

Menguasai literasi digital perlu bagi masyarakat agar lebih kritis dan bertanggung jawab dalam penggunaan media sosial di era disrupsi informasi saat ini. 

Disinilah peran utama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai ujung tombak peningkatan literasi digital masyarakat. 

“Peningkatan literasi digital masyarakat oleh KIM ini yang akan melahirkan desa-desa digital di Jawa Timur,” demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Baca juga:

Menggali Potensi Desa: Tantangan dan Peran Kepala Desa

Hudiyono dalam Workshop Literasi Digital bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Madiun, Rabu (30/3/2022). 

Hudiyono juga mengatakan, lahirnya desa-desa digital, akan meningkatkan taraf hidup masyarakat sebab masyarakat dapat memanfaatkan layanan ekonomi digital seperti e-commerce, juga mendapatkan informasi yang valid dan terverifikasi dengan baik karena sudah cerdas dalam memanfaatkan media digital. 

Baca juga: 

Mengenal Teori Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli

“Kemampuan literasi digital yang dimiliki dapat membuat masyarakat memahami pesan, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan lingkungan agar penggunaan media sosial dan teknologi jadi lebih efektif,” ujar Hudiyono. 

Workshop Literasi Digital kali ini diikuti oleh KIM se-Bakorwil Madiun dan Bojonegoro dengan menghadirkan narasumber dari Penerangan Kodam V/Brawijaya, Kepala Humas Universitas Bhayangkara dan PWI Madiun. (yan/n)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image