Jurnal

Optimalisasi Pemasaran Produk dan Potensi Unggulan Desa, Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB Gelar Pelatihan

27 Oktober 2023
Administrator
Dibaca 49 Kali
Optimalisasi Pemasaran Produk dan Potensi Unggulan Desa, Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB Gelar Pelatihan

Telah dilaksanakan kolaborasi mahasiswa KKN-Tematik Inovasi IPB yang mengabdi di Desa Sumberdem dan Desa Sumbertempur dalam kegiatan pelatihan pengembangan kapasitas masyarakat untuk mengoptimalkan wawasan terkait strategi pemasaran melalui digital marketing dengan mengusung tema “Pemanfaatan Media Digital untuk Optimalisasi Pemasaran Potensi Unggulan Desa.” 

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 bertempat di Balai Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 33 orang yang terdiri dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sumberdem, pengurus Desa Wisata Kampoeng Kopi Sumberdem, kelompok pemuda Desa, Kelompok Wanita Tani (KWT) Barokah Sumbertempur, dan kelompok pemuda Sumbertempur.

Pelatihan ini selaras dengan fakta tentang pentingnya digital marketing di era modern, kini para pelaku bisnis tidak hanya dapat mengandalkan strategi pemasaran secara konvensional semata. 

Adanya kemajuan teknologi telah mengubah tatanan ekosistem bisnis menjadi sebuah sistem kreatif. 

Hal tersebut membuat digital marketing menjadi sebuah kunci dan strategi yang relevan terhadap pemasaran untuk tetap bersaing dan dapat beradaptasi di perkembangan dunia bisnis dengan berbasis platform digital seperti media sosial, internet, ataupun mesin pencari dari perangkat mobile dalam mempromosikan produk dan layanannya. 

Pelatihan digital marketing ini juga merujuk pada tema KKN-Tematik Inovasi IPB 2023, “IPB Hadir: Pengembangan Berkelanjutan Masyarakat Agromaritim untuk mencapai Socio-Resilience.”

Untuk memaksimalkan ilmu pengetahuan yang didapat dari kegiatan pelatihan ini, salah satu dosen Sekolah Bisnis IPB University yang merupakan seorang profesional marketing, yakni Muchamad Bachtiar, STP, MM, menjadi narasumber dengan membawakan materi seputar digital marketing, diantaranya yaitu potensi generasi muda dalam digital marketing, urgensi digital marketing, konsep desa wisata, hingga pemanfaatan digital marketing pada eduwisata dan produk UMKM. 

Menggunakan sistem penyampaian materi secara lisan berbasis slide presentasi terkait materi dan diskusi forum terbuka di lokasi tersebut, membuat kegiatan pelatihan ini menjadi lebih intens dan efektif.

Bukan tanpa alasan, tujuan diadakannya pelatihan digital marketing  ini juga mengacu pada Desa Sumberdem yang memiliki banyak potensi desa wisata dari berbagai kampung tematik yang telah digagas, seperti Kampoeng Kopi, Kampoeng Rosella, Kampoeng Ternak, Kampoeng KRPL, Kampoeng Toga, Kampoeng Buah, dan Kampoeng Bunga. 

Salah satu produk unggulan dari Desa Sumberdem adalah Kopi Sumberdem 1832. Sedangkan di Desa Sumbertempur juga terdapat beberapa produk unggulan UMKM yang berpotensi untuk dapat menembus pasar yang lebih luas

Kegiatan pelatihan digital marketing ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan warga terkait pemasaran, meningkatkan jangkauan pasar produk dan jasa unggulan, serta diharapkan dapat menciptakan kemandirian pemasaran di kedua desa. 

Selain itu juga dapat memberikan fasilitas wawasan secara gratis dan tentunya implementatif.

“Bagus pelatihannya, materinya sangat bermanfaat serta sangat menambah ilmu dan wawasan. Penyampaian narasumber juga mudah kami pahami,” ujar Galuh (21 tahun) yang merupakan salah satu perwakilan pemuda Desa Sumberdem yang hadir di acara pelatihan tersebut.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image