Jurnal

Optimalkan Pemberdayaan Masyarakat, Desa Digital Perlu Terus Dapat Dukungan

12 Oktober 2023
Administrator
Dibaca 60 Kali
Optimalkan Pemberdayaan Masyarakat, Desa Digital Perlu Terus Dapat Dukungan

Lintasarta terus mendukung pelaksanaan Desa Digital di Jawa Barat (Jabar) dalam bentuk pemberian pelatihan kepada para perangkat desa di kawasan Desa Digital Jawa Barat.

Keberadaan Desa Digital diharapkan berdampak positif terhadap aktivitas ekonomi di masyarakat setempat dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.
 
Direktur Utama Lintasarta Arya Damar mengungkapkan Desa Digital dinilai berperan besar dalam melakukan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan aksesibilitas informasi melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet.

Keterlibatan, lanjutnya, dalam proyek Desa Digital tak hanya berperan sebagai penyedia solusi infrastruktur internet masuk desa semata

"Lintasarta juga memberikan pelatihan teknis terkait optimalisasi infrastruktur yang sudah dibangun di desa-desa tersebut. Kami senantiasa memberi dukungan terhadap berbagai program pemerintah pusat dan pemerintah daerah, termasuk pelaksanaan Desa Digital di Jawa Barat," kata Arya, dalam keterangan tertulisnya

Tak hanya itu, Lintasarta juga menggandeng Pemuda Peduli sebagai mitra pemberi pelatihan terkait pemasaran digital atau digital marketing.

Dengan demikian, Arya berharap para perangkat desa di kawasan Desa Digital dapat mengetahui dasar-dasar pemasaran melalui sosial media atau channel digital lain yang mereka miliki.
 
Pelatihan, tambahnya, juga mencakup dasar-dasar penulisan, copywriting, teknik dasar fotografi, hingga strategi promosi di media sosial.

Dirinya berharap kontribusi yang diberikan dalam penerapan dan pengembangan Desa Digital ini memberikan kemudahan akses kepada masyarakat di tingkat desa terhadap fasilitas publik.

"Saat ini segala aktivitas masyarakat di seluruh Indonesia sudah hampir keseluruhan dilaksanakan secara digital seperti kegiatan pendidikan, transportasi, perbankan, dan lainnya," ujarnya.
 
Desa digital merupakan program pemberdayaan dan peningkatan taraf hidup masyarakat desa melalui literasi digital, Internet of Things (IoT), dan ragam inovasi digital.

Desa Digital di Jawa Barat memiliki sejumlah program, seperti pemberian akses internet ke 400 titik yang blank spot, dan program IoT di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan lainnya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image