Jurnal

Mukomuko Targetkan 100 Persen Desa Digital Pada 2023

01 Maret 2023
Administrator
Dibaca 56 Kali
Mukomuko Targetkan 100 Persen Desa Digital Pada 2023

Akses jaringan internet di seluruh desa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, ditargetkan segera rampung sehingga program 100 persen desa digital bisa terwujud pada 2023.

“Tahun depan program daerah kita ini sudah 100 persen desa digital, tahun ini kita dalam rangka koordinasi dengan Dinas Kominfo dalam rangka pengadaan-pengadaan peralatan internetnya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Haryanto, di Mukomuko, Kamis.

Baca juga:

Inilah 5 Desa Digital Terbaik di Indonesia - Sistem Pelayanannya Canggih!

Program 100 persen atau sebanyak 148 desa digital, disebut Haryanto, sesuai dengan visi misi bupati, yakni ada internet gratis di seluruh desa di daerah ini.

Saat ini dari sebanyak 148 desa di Mukomuko, jaringan internet baru menjangkau 10 desa melalui program bhakti, dimana tahun ini bertambah 16 desa.

Direncanakan, 40 desa sepanjang jalan poros atau Jalan Lintas Sumatra, akan mendapat pengadaan internet di Dinas Kominfo Kabupaten Mukomuko.

“Sehingga nanti semua desa di daerah ini kita harapkan tercover jaringan internet, setelah itu barulah 148 desa menjadi desa digital tahun 2023,” ujar Haryanto.

Menurut Haryanto, keunggulan desa digital terletak pada pelayanan kepada masyarakat yang menjadi cepat baik itu pelayanan surat menyurat maupun pelayanan lainnya.

Baca juga:

Dukung Target 30 Juta UMKM Onboarding di Tahun 2023, OJK Gelar Digitalisasi UMKM

Untuk itu, haryanto mengajak pemerintah desa memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayahnya.

Terkait dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa untuk pembangunan jaringan internet, ia mengatakan, desa digital hanya perlu menganggarkan dana dari sumber dana desa untuk membayar langganan internet setiap bulan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Novria Eka Putra sebelumnya mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI tahun ini kembali membangun akses internet ke 16 desa pedalaman di daerah ini.

Ia mengatakan, instansinya mengusulkan sebanyak belasan desa akses internet guna menindaklanjuti usulan 16 desa digital dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko.

Baca juga:

Peranan dan Potensi TPS 3R dalam Upaya Mengurangi Beban pengelolaan Sampah pada TPA di Indonesia

“Sebanyak 16 desa ini berdasarkan usulan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, kemudian kita turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi data desa ini,” ujar Novria Eka Putra.

Novria mengatakan, sebanyak 16 desa ini sudah ada akses internet tetapi masih lambat sehingga menjadi kendala bagi desa ini untuk menjadi desa digital.

“Jaringan internet di desa di daerah ini sangat lemah, sinyal lemot, kapasitas kecil, seharusnya kapasitas 10 Megabyte (MB), tetapi yang baru tersedia hanya sebesar 2,8 MB,” ujar Novria Eka Putra.

Sumber : Mukomuko Targetkan 100 Persen Desa Digital Pada 2023

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image