Jurnal

Program Pemberdayaan Masyarakat Dievaluasi lewat Lomba Desa

10 Oktober 2023
Administrator
Dibaca 47 Kali
Program Pemberdayaan Masyarakat Dievaluasi lewat Lomba Desa

Pemkab Bantul bersama Pemda DIY menggelar Lomba Kelurahan atau Desa. Lomba ini dijadikan ajang untuk mengevaluasi program pemberdayaan masyarakat. 

Bupati bantul Abdul Halim Muslih menyebut Lomba Desa ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi perkembangan kelurahan. 

"(untuk) Mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat," ujar Halim saat menerima kunjungan lapangan Tim Lomba Desa DIY di Balai Desa Timbulharjo Bantul.

Menurut Halim hal ini sesuai dengan tema Lomba Kelurahan atau Desa tahun 2023 ini, yaitu Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dalam Mewujudkan Stabilitas Ekonomi dan Sosial Kelurahan. 

"Tujuan lomba kelurahan juga selaras dengan visi misi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X tahun 2022-2027 yang memfokuskan kepada reformasi kelurahan," ucapnya. 

Pemkab Bantul, kata Halim telah lama menerapkan evaluasi terhadap kinerja kelurahan yang dilakukan oleh tim yang dikepalai Inspektorat untuk menerima informasi yang akurat dan memadai tentang perkembangan akuntabilitas kinerja kelurahan.

"Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pelaksanaan, evaluasi dan laporan kegiatan kelurahan ini dapat mencapai akuntabilitas kinerja yang baik," ujarnya. 

Halim menyubut kelurahan-kelurahan di Bantul telah difasilitasi dengan adanya Dikal (Dana Insentif Kelurahan). Dana ini dimaksudkan untuk mendorong, memotivasi kelurahan kelurahan agar memiliki akuntabilitas kinerja yang baik.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image