Jurnal

Strategi Pemberdayaan Masyarakat: Pengertian, Konsep, Tujuan, dan Contohnya

13 April 2023
Administrator
Dibaca 70 Kali
Strategi Pemberdayaan Masyarakat: Pengertian, Konsep, Tujuan, dan Contohnya

Pemberdayaan masyarakat itu sendiri merupakan upaya untuk memberdayakan masyarakat melalui realisasi potensi kemampuannya. Salah satu potensi pembangunan manusia dapat diwujudkan melalui kegiatan pendidikan masyarakat.

Kegiatan ini menekankan pentingnya memahami kebutuhan masyarakat dan cara pemecahan masalahnya dengan memperhatikan potensi yang ada di lingkungannya. Pendidikan berbasis masyarakat adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat, di pusat masyarakat, dibangun diatasnya kekuatan masyarakat, pemenuhan kebutuhan masyarakat, pengelolaan pendidikan ada di tangan masyarakat.

Sebuah pendidikan yang didasarkan pada masyarakat mengarah pada kemandirian masyarakat dalam mengelola pendidikannya. Instansi, lembaga atau organisasi manapun dapat berpartisipasi dalam pendidikan masyarakat karena tujuannya adalah untuk memberdayakan seluruh masyarakat, tanpa diskriminasi, maupun kontrol.

Proses pendidikan karena pendidikan ini milik masyarakat. Jadi instruksi diperlukan sekarang. Namun, itu tidak menutup kemampuan untuk mempersiapkan orang untuk melanjutkan belajar di tingkat yang lebih tinggi. Secara tidak langsung mengubah model pembangunan global mempengaruhi pola pembangunan di berbagai negara. Realitas tidak

terlepas dari pergeseran global dari pertumbuhan ekonomi menjadi berkembang.

Kebutuhan hidup selalu ditujukan untuk meningkatkan kualitas manusia (human quality). Sebagaimana ditentukan oleh United Nation Development Programme (UNDP), dalam menentukan indikator pembangunan yang dibangun dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yaitu: indeks pengetahuan; indeks kesehatan; dan indeks daya beli.

Indikatornya jelas menunjukkan adanya peningkatan kualitas manusia melalui partisipasi aktif masyarakat dan pemerintah dalam proses pembangunan, dari model top-down menjadi bottom-up. Kenyataan ini menghidupkan kembali pembangunan dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, atau dalam konteks saat ini disebut dengan model pemberdayaan masyarakat.

Pemberdayaan ada sebagai proses jangka panjang yang disebabkan oleh ‘kekecewaan terhadap kekuasaan’ atau ‘kehilangan kekuasaan’, yaitu hilangnya kekuasaan dalam komunitas tertentu. Akibatnya, masyarakat tidak memiliki akses penuh terhadap aset produktif yang seringkali dikuasai oleh pemilik yang ‘kuasa’. Sebelum kita mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat, kita bahas terlebih dahulu pengertian pemberdayaan, mari simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut strategi pemberdayaan masyarakat.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image