Jurnal

Dorong Realisasi Desa Digital, Diskominfo dan Dinas PMD Adakan Sosialisasi Bersama APDESI Kaur

16 Oktober 2023
Administrator
Dibaca 42 Kali
Dorong Realisasi Desa Digital, Diskominfo dan Dinas PMD Adakan Sosialisasi Bersama APDESI Kaur

Dalam rangka mengingkatkan efisiensi pelayanan masyarakat dan integrasi data desa, Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mengadakan sosialisasi Digides platform digital yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan administrasi, integrasi data dan pelayanan masyarakat desa.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Ruangan Kepala Dinas PMD kab. Kaur pada hari Jumat (24/06/2022) yang dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian M. Jarnawi, M.Pd, Sektretaris Dinas PMD Salianuddin, S.H., Kabid Kawasan Dinas PMD Hanum dan perwakilan APDESI dari masing-masing Kecamatan di Kabupaten Kaur.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian M.Jarnawi yang juga bertindak sebagai pemateri mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi Digides ini adalah salah satu wujud realisasi dari empat pilar Diskominfo kab. Kaur.

“Sesuai dengan 4 pilar Diskominfo Kaur yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, masyarakat digital maka dengan diadakannya sosialisasi Digides ini dapat membantu mewujudkan 4 pilar kami tersebut” ujar Jarnawi.

Pada pemaparannya Jarnawi juga mengungkapkan ada banyak benefit yang bisa diambil oleh pemerintah desa maupun masyakat desa terkait penggunaan Digides ini.

“Jika kedepannya seluruh desa sudah aktif menggunakan Digides, ada banyak hal yg dapat dibenahi pada sistem pemerintahan desa di Kabupaten Kaur. Diantaranya adalah sistem pelayanan terpadu yang dapat diakses hanya melalu handphone, hal ini tentunya akan meningkatkan efisiensi pelayanan di desa. Selain itu Digides juga dapat membantu pemerintah desa dalam mengintegrasikan data yang ada di desa seperti alokasi bantuan sosial, demografi penduduk dan sebagainya yang kelak akan mengacu pada Satu Data Indonesia” ungkap Jarnawi.

Pada sesi diskusi para perwakilan APDES berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Kaur untuk menanggulangi keterbatasan sinyal yang ada pada beberapa lokasi di desa yang ada di kabupaten Kaur guna menunjang efektivitas program Desa Digital ini.

Menanggapi hal tersebut, Jarnawi mengungkapkan bahwa pihak Diskominfo kabupaten Kaur telah melakukan beberapa upaya dalam menanggulangi keterbatasan sinyal ini.

“Awalnya kami sudah menyurati Telkom terkait pembangunan tower di beberapa lokasi blankspot, namun sepertinya pengajuan kami tersebut belum bisa direalisasikan pihak Telkom karena mungkin tidak sesuai dari analisis bisnis mereka. Untuk itu kami mencari jalan alternatif terkait pengajuan ini, salah satunya adalah pengajuan pemasangan BAKTI Kominfo yaitu berupa pemancar jaringan internet di pusat kegiatan masyarakat desa seperti balai desa, puskesmas, SD dan sebagainya. Beberapa hari yang lalu kami sudah melakukan survey ke beberapa lokasi di kecamatan Kinal sampai dengan Padang Guci Hulu terkait pengumpulan data pengajuan BAKTI Kominfo,” ujar Jarnawi.

Pada penutupan sosialisasi, Sekretaris Dinas PMD Salianuddin, S.H. menyampaikan apresiasinya atas partisipasi para perwakilan APDESI dalam sosialisasi kali ini.

“Alhamdulilah hal-hal penting yg mau disampaikan sudah disampaikan dan saya juga berterima kasih atas partisipasi dan antusiasme perwakilan APDES Kabupaten Kaur. Kedepannya akan kita adakan sosialisasi lanjutan bersama dengan operator desa sekaligus melakukan trial penggunaan aplikasi Digides ini” tutup Salianuddin.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image