Jurnal

Perkembangan Teknologi Melalui Inovasi Digitalisasi Desa Menghadirkan Sebuah Konsep Akses Digital

09 November 2022
Administrator
Dibaca 35 Kali
Perkembangan Teknologi Melalui Inovasi Digitalisasi Desa Menghadirkan Sebuah Konsep Akses Digital

Banyubiru, Kab. Semarang (14/08/2022) – Berdasarkan kemajuan zaman, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi sangat berperan penting dalam meningkatkan pendapatan ekonomi daerah termasuk dalam mensejahterakan rakyat. Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki arti yang begitu penting bagi suatu daerah terutama sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi daerah.

 

Banyubiru, dengan topografi yang meliputi wilayah perairan, persawahan, dan perbukitan membuatnya memiliki berbagai potensi alam yang memukau tak terkecuali UMKM lokal yang heterogen. Dari berbagai banyaknya UMKM desa tersebut, media informasi memiliki peran penting dalam menciptakan akses pasar bagi produk terutama perdagangan untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat desa.

 

Perkembangan era digital menjadikan integritas data yang berkualitas mewujudkan transformasi digital tak terkecuali pada bidang informasi UMKM di tingkat desa atau kecamatan. Era digital membuat perolehan informasi menjadi lebih cepat. Pencatatan UMKM di desa harus melakukan inovasi agar produk tersebut dapat meningkatkan daya tarik dan dikenal lebih baik oleh masyarakat dalam desa ataupun luar desa.

 

Mahasiswa KKN Undip Tim II 2022 Banyubiru, melakukan gebrakan inovasi digitalisasi desa melalui pembuatan “KATALOG UMKM UNGGULAN” dalam menghadirkan sebuah konsep menciptakan akses pasar bagi produk UMKM. 

 

Katalog memainkan peran penting karena katalog mengolah keseluruhan informasi dari produk UMKM unggulan yang ada di Desa Banyubiru menjadi satu kesatuan yang utuh terintegrasi dan tentunya meningkatkan daya tarik.

 

Baca juga:
Gali Potensi Desa, KIM Bantu Program Pemerintah

 

Sumber : https://kkn.undip.ac.id

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image