Jurnal

Sukses Kelola TPS3R Banyak Desa Belajar Kelola Sampah dari Kartayasa

29 Juni 2023
Administrator
Dibaca 60 Kali
Sukses Kelola TPS3R Banyak Desa Belajar Kelola Sampah dari Kartayasa

Pasca operasional Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R), kini Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, menjadi salah satu desa yang sukses mengelola sampah.

Hal itu dipaparkan Kepala Desa Kertayasa, usai menerima kunjungan Kepala Desa Cupang bersama tim PT Indocement juga Kementrian PU ke TPS3R Desa Kertayasa, Kamis (9/3/2023).

Dari keberhasilannya itu, banyak desa lain di Kuningan maupun luar kabupaten yang belajar tata kelola sampah.

Baca Juga:

Mengenal Potensi dan Fungsi Desa

Tak hanya itu, bahkan sejumlah perusahaan dan perguruan tinggi belajar pengelolan sampah dari Desa Kertayasa.

Sampah organik dipilah dari rumah untuk dijadikan pakan maggot, kompos murni, pupuk organik cair dan pelet pakan ternak.

Sedangkan sampah anorganik dijadikan tabungan sampah berbasis koperasi juga diolah sebagai bahan bakar pabrik semen dan kerajinan tangan.

"Masyarakat Desa Kertayasa yang luar biasa, mau diajak kerjasama untuk mengolah sampah sejak dari rumah melalui gerakan 'masyarakat memilah, petugas mengolah, hingga menghasilkan produk yang bernilai ekonomis," kata kang kuwu, sapaan akrab.

Baca Juga:

Pemberdayaan Komunitas: Pengertian, Proses, Prinsip, dan Contohnya

Berbagai inovasi yang dilakukan pemdes Kertayasa mendapat atensi dari Kementrian, Dinas PU dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten
Kuningan, terlebih dalam pengelolaan sampah ini melibatkan kelompok swadaya masyarakat (KSM).

KSM Yuni Sarah singkatan dari 'Yuk Nikmati Sampah jadi Rupiah' nama yang unik dan menarik, dari situ, banyak dari berbagai desa lain melakukan kunjungan ke Kertayasa untuk belajar dan mengamati langsung pengelolaan sampah.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image