Jurnal

Pemberdayaan Komunitas: Pengertian, Proses, Prinsip, dan Contohnya

10 Juni 2023
Administrator
Dibaca 72 Kali
Pemberdayaan Komunitas: Pengertian, Proses, Prinsip, dan Contohnya

Pemberdayaan komunitas merupakan program yang diupayakan dengan tujuan membentuk sikap dan perilaku individu serta masyarakat yang mandiri.

Pemberdayaan komunitas menjadi salah satu program yang terus diupayakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dalam buku Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat (2005) karya I Nyoman Sumaryadi, Robinson menjelaskan bahwa pemberdayaan adalah suatu proses pribadi dan sosial.

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan TPS 3R

Serta suatu pembebasan kemampuan pribadi, kompetensi, kreativitas, dan kebebasan bertindak.

Pemberdayaan komunitas sebagai proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial guna memperbaiki situsi dan kondisi diri sendiri.

Kecenderungan primer Proses pemberdayaan yang menekankan pada proses memberikan atau mengalihkan sebagian kekuatan, keleluasaan atau kemampuan kepada masyarakat agar individu lebih berdaya.

Kecenderungan sekunder Menekankan proses stimulasi, mendorong, atau memotivasi individu agar memiliki kemampuan atau keberdayaan untuk menentukan apa yang menjadi pilihan hidup melalui proses dialog.

Tujuan Pemberdayaan komunitas untuk membentuk individu dan masyarakat yang mandiri.

Baca juga:

Potensi Desa adalah: Potensi Fisik Desa dan Non-Fisik

Seperti, kemandirian berpikir, kemandirian bertindak, dan memutuskan apa yang akan dilakukan.

Pemberdayaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan standar hidup masyarakat dan memberi kesadaran akan kebebasan setiap orang.

Orientasinya pada komunitas yang tidak berdaya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image