Jurnal

Atasi Kekurangan Pupuk, Mahasiswa IPB Buat Workshop Pembuatan Pupuk Organik EM4

29 April 2023
Administrator
Dibaca 51 Kali
Atasi Kekurangan Pupuk, Mahasiswa IPB Buat Workshop Pembuatan Pupuk Organik EM4

Pupuk merupakan salah satu komponen yang sangat penting di dunia pertanian karena berfungsi untuk menyediakan zat-zat organik yang dibutuhkan oleh tanaman. Desa Cibatok II merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bogor yang warganya masih banyak mempunyai lahan pertanian berupa sayuran dan buah-buahan, tetapi warga masih sulit mendapatkan pupuk karena keterbatasan subsidi pupuk yang diberikan oleh pemerintah. Saat ini, pemerintah berfokus terhadap 9 bahan pokok seperti padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu, kopi dan kakao. Masyarakat desa lebih banyak menanam tanaman diluar tanaman pokok tersebut sehingga tidak menjadi prioritas pemberian subsidi pupuk oleh pemerintah.


Workshop Pembuatan Kompos (Dok. pribadi)
Berdasarkan hasil diskusi kampung yang dilakukan oleh pemerintah desa, LSM, Karang taruna diketahui bahwa keberadaan pupuk sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menunjang pertanian. Pak Asep selaku Kepala dusun mengaakan bahwa perlu cara bagaimana mendapatkan pupuk  yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa KKN-T IPB University mengadakan workshop mengenai cara pembuatan pupuk organik yang dapat dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2023 di Kantor Desa yang dihadiri oleh masyarakat, KWT, karang taruna, perangkat desa, perwakilan kecamatan dan para kader desa. Kegiatan ini berisi mengenai pembuatan pupuk menggunakan kompos EM4 (Effective Microorganism 4) dan cara budidaya tanaman di pekarangan rumah.

EM4 dipilih karena dapat mempercepat pengomposan sampah, pensuplai unsur hara, dan mengandung bakteri baik untuk tanah. Selain itu harganya yang murah dan dapat 1 botol EM4 dapat digunakan untuk 200 Kg sampah organik. Cara pembuatan pupuk organik menggunakan EM4 yaitu pertama timbang limbah organik sebanyak 1 kg, kedua masukkan limbah ke dalam wadah, ketiga tambahkan larutan gula pasir sebanyak 1 sendok makan (opsional), air keran 250 ml dan air cucian beras 250 mL, keempat masukkan 5 mL EM4 ke dalam wadah, kelima tutup dengan kain tebal dan terakhir biarkan selama minimal 7 hari. Selain menggunakan EM4, organisme sekitar yang dapat mempercepat proses pengomposan yaitu maggot, keong mas dan bonggol jagung.

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image