Jurnal

7 Usaha UMKM di Pedesaan Dengan Modal Kecil

24 April 2023
Administrator
Dibaca 0 Kali
7 Usaha UMKM di Pedesaan Dengan Modal Kecil

Pilihan Usaha UMKM yang Bisa Dijalankan di Desa – Berbagai jenis usaha saat ini punya peluang besar untuk memberi banyak keuntungan. Asalkan pengelolaannya tepat dan dikembangkan dengan strategi yang benar.

Banyak sekali pilihan usaha UMKM yang bisa dimulai dengan modal kecil namun mendatangkan keuntungan begitu besar. Berikut ini adalah 7 ide usaha yang bisa dijalankan di desa dengan modal ringan:

1. Perkebunan Sayur

Warga desa biasanya memiliki lahan yang cukup luas. Ketersediaan lahan ini bisa dimanfaatkan untuk mendirikan perkebunan sayur.

Bisnis jual beli sayur-mayur tentu bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Bisnis ini bisa dimulai dengan skala kecil.

Mulai dari menanam beberapa jenis sayuran lalu hasil panennya di jual ke warga sekitar. Jika dikelola dengan benar, bisnis ini bisa berkembang besar.

Baca Juga

OJK Bidik Masyarakat Desa untuk Kejar Tingkat Inklusi Keuangan 90 Persen, Caranya?

2. Budidaya Ikan

Contoh usaha UMKM di desa yang juga bisa dimulai dengan modal kecil berikutnya adalah budidaya ikan. Jenis usaha yang satu ini telah banyak dipraktikkan langsung oleh para warga desa.

Budidaya ikan saat ini juga semakin mudah dengan tersedianya fasilitas berupa kolam terpal yang ekonomis dan praktis. Contohnya adalah budidaya ikan lele atau lobster air tawar.

3. Kerajinan Tangan

Kamu juga bisa memulai usaha rumahan dengan menghasilkan produk kerajinan tangan. Bisnis jenis ini sangat menjanjikan karena peminat produk kerajinan tangan sekarang sudah bertambah banyak.

Jenis produk yang bisa dihasilkan pun sangat beragam, mulai dari produk rajut, anyaman, dan masih banyak lagi lainnya. Ide ini bisa jadi contoh usaha kecil yang menawarkan keuntungan besar apalagi jika bisa masuk ke pasar online lewat e-commerce.

4. Kuliner

Jenis usaha UMKM berikutnya yang juga cocok dijalankan di desa dengan modal ringan adalah bisnis kuliner.

Jenis bisnis ini memang seolah tak pernah ada matinya. Pilihan produk kuliner yang bisa dijual pun sangat beragam.

Mulai dari produk jajanan pasar, camilan, hingga makanan berat. Mulai saja dengan menjual produk kuliner kamu ke tetangga sekitar rumah.

Baca Juga

Apa Itu 3R (Reduce, Reuse, Recycle): Pengertian dan Contohnya

5. Jasa Jahit

Ide bisnis lainnya yang juga bisa kamu jalankan di desa adalah jasa jahit baju. Bisnis jasa seperti ini bisa dijadikan pilihan selama ada bakat atau keterampilan yang memadai.

Biasanya bisnis jasa jahit di desa juga banyak dibutuhkan dan target konsumennya bisa diperluas lagi dengan melakukan promosi secara online. Kamu bisa memulai bisnis dengan menawarkan jasa jahit ke keluarga dan tetangga sekitar.

6. Pertamini

Bisnis SPBU Mini Pertamina
Bisnis SPBU Mini Pertamina

Peluang usaha lain yang juga cocok dijalankan di desa adalah Pertamini. Ini merupakan bisnis jual beli bensin eceran yang sangat dibutuhkan di lingkungan pedesaan. Biasanya warga desa tidak mendapat akses mudah untuk ke SPBU jadi mereka akan membutuhkan Pertamini yang lebih mudah dijangkau.

7. Ternak Ayam

Jenis usaha UMKM 2021 yang bisa dijalankan di desa dengan modal terbatas adalah ternak ayam. Tipe usaha ini jelas sangat cocok untuk warga desa yang punya ketersediaan lahan cukup luas.

Lahan bisa digunakan untuk memelihara ayam hingga besar dan diperjualbelikan. Ternak ayam ini juga bisa menghasilkan telur yang dapat dijual sehingga menghasilkan keuntungan lebih besar lagi.

Itulah tadi 7 ide usaha UMKM yang bisa dijalankan di desa dengan modal ringan. Tentunya semua jenis usaha ini bisa mendatangkan keuntungan besar jika dijalankan dengan optimal.

Meskipun dijalankan di desa, namun kamu tetap bisa mengembangkan bisnis tersebut lebih luas lagi. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media online yang saat ini semakin mudah diakses.Atau mengajukan pinjaman

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image