Jurnal

KemenKopUKM Tetapkan 6 Target Pemberdayaan UMKM di Tahun 2023

05 Maret 2023
Administrator
Dibaca 48 Kali
KemenKopUKM Tetapkan 6 Target Pemberdayaan UMKM di Tahun 2023

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) menetapkan enam target kerja dalam pemberdayaan UMKM untuk tahun 2023.

SesKemenKopUKM Arif Rahman Hakim pada acara Rapat Koordinasi Nasional Bidang Koperasi, UMKM, dan Kewirausahaan Tahun 2022.

Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (12/10) malam, mengatakan target pertama, terkait rasio kewirausahaan yang pada 2023 diharapkan sebanyak 3,21 persen.

Baca Juga

Canggih! Ini Desa Digital Pertama di Indonesia

"Saya berharap, pemerintah daerah, baik itu provinsi, kabupaten, dan kota, mempunyai kegiatan-kegiatan yang diarahkan untuk menumbuhkan kewirausahaan," kata Arif Rahman Hakim dalam keterangan tertulis.

Kedua, kontribusi koperasi terhadap PDB nasional ditargetkan sebesar 5,4 persen.

"Perlu terus diupayakan agar kapasitas dan omzet koperasi bisa ditingkatkan, sehingga sumbangan terhadap PDB bisa meningkat juga," kata Arif.

Baca Juga

Canggih! Ini Desa Digital Pertama di Indonesia

Target-target lainnya pada 2023 adalah rasio kredit UMKM terhadap total kredit perbankan 21,44 persen, proporsi UMKM yang mengakses kredit lembaga keuangan formal 29,27 persen, pertumbuhan wirausaha 2,74 persen, penumbuhan startup 2.800 unit, hingga penumbuhan koperasi modern sebanyak 340 unit.

"Sekarang, koperasi modern sudah 120 unit. Artinya, butuh sinergi antara APBN dan APBD. Kegiatan yang ada di pusat bisa direplikasi agar sama-sama menambah jumlah koperasi modern di seluruh Indonesia," kata Arif.

Di samping itu, kata Arif, beberapa kegiatan prioritas pada 2022 akan tetap dilanjutkan pada 2023. Misalnya, kegiatan pendataan lengkap KUMKM.

Baca Juga

5 Jenis UKM Pedesaan yang Membantu Keuangan Masyarakat

Kegiatan prioritas lainnya yang akan dilanjutkan pada 2023 adalah pengelolaan terpadu UMKM, hingga penumbuhan wirausaha produktif.

"Ini tentu membutuhkan dukungan dari Pemda untuk mengarahkan anggarannya dalam meningkatkan wirausaha produktif," kata Arif.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image