Jurnal

Desa Kubu Diresmikan Jadi Desa Digital di Kubu Raya

18 Maret 2023
Administrator
Dibaca 2 Kali
Desa Kubu Diresmikan Jadi Desa Digital di Kubu Raya

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama Wakil Bupati Sujiwo meresmikan Desa Kubu, Kecamatan Kubu sebagai Desa Digital. Peresmian Desa Digit dilakukan seusai menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tingkat Kecamatan Kubu pada Kamis 16 Februari 2023.

Muda menerangkan desa digital adalah desa yang menerapkan sistem kerja pemerintahan, pelayanan, dan pemberdayaan masyarakat dengan berbasis pemanfaatan teknologi informasi.

Digitalisasi tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi desa, percepatan akses, dan pelayanan publik.

“Ini dilakukan supaya punya administrasi yang bisa saling kontrol dan termonitor. Mudah-mudahan ini akan efektif supaya mempermudah pekerjaan. Yang terpenting nanti admin maupun semua pihak terkait terus berusaha untuk bisa konsisten dalam melakukan upaya-upaya yang sifatnya terkait dengan digital,” ucap Muda Mahendrawan.

Bupati Muda mengatakan desa digital akan sangat berkontribusi pada optimalisasi pelayanan publik. Terlebih desa digital terkoneksi dengan sistem informasi data berbasis geospasial yang telah diterapkan di Kubu Raya.

“Ini bisa diintegrasikan termasuk dengan sistem informasi data berbasis geospasial di Kubu Raya,” ujarnya.

Lanjutnya Dengan integrasi sistem, kata Muda, semua data akan bisa terkawal sehingga proses pembaharuan juga dapat terus dilakukan. Sehingga data akan selalu aktual dan valid.

“Ini perlu diperkuat agar problem tidak terus terjadi. Semoga jadi desa yang terus mengejar kebahagiaan bagi rumah tangga. Selamat sudah menjadi desa digital yang dikawal oleh pemerintah pusat maupun Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Sehingga nanti Desa Kubu ini akan dicontoh dan menjadi model bagi desa lainnya di Kubu Raya,” harapnya.

Muda mengungkapkan saat ini di Kabupaten Kubu Raya sudah ada beberapa desa yang telah mengembangkan sistem informasi dan teknologi dengan jaringan internet sebagai penunjang terbentuknya desa digital.

Sumber : Desa Kubu Diresmikan Jadi Desa Digital di Kubu Raya

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image