Jurnal

Sosialisasi Pembangunan Desa Melalui Desa Digital

02 November 2022
Administrator
Dibaca 28 Kali
Sosialisasi Pembangunan Desa Melalui Desa Digital

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang menghadiri sosialisasi pembangunan desa melalui desa digital di Kecamatan Bantur pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2020. Kegiatan sosialisasi juga dihadiri oleh Camat Bantur, Anggota DPRD Kabupaten Malang, Kepala Desa dan Sekretaris Desa se Kecamatan Bantur serta karang taruna dan organisasi masyarakat.

 

          Era perkembangan teknologi informasi (TI) memberikan tantangan dalam pembangunan ekonomi desa. Desa dituntut harus mampu beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital melalui pengembangan desa digital.

 

          Pengembangan desa digital ini dapat mendorong kemajuan semua bidang di desa seperti pendidikan, perekonomian, wisata serta pelayanan terhadap masyarakat. Di bidang pendidikan, teknologi digital ini dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar, sehingga para guru dan siswa menjadi SDM yang kompeten dan maju. Desa digital ini juga dapat mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mempromosikan produk-produk lokalnya menggunakan saluran e-commerce atau market place. Begitu juga dengan pariwisata, dengan desa digital diharapkan potensi wisata akan lebih mudah dikenalkan kepada masyarakat luas. Pada gilirannya kesejahteraan masyarakat akan meningkat melalui inovasi digital. Dengan desa digital, juga diharapkan semua pelayanan informasi dan kependudukan akan dapat dilayani dengan mudah.

 

           Untuk mendukung Desa digital ini perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai, seperti jaringan internet di desa, SDM Pengelola desa digital, serta dukungan aktif dari Pemerintah Desa, Kecamatan hingga Kabupaten.

Sumber : https://kominfo.malangkab.go.id

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image