Jurnal

Tantangan Digitalisasi Desa

08 Oktober 2022
Administrator
Dibaca 44 Kali
Tantangan Digitalisasi Desa

Akses internet memang menjadi salah satu pilar penting dalam mendongkrak perekonomian. Baik untuk menunjang proses produksi, distribusi maupun konsumsi suatu wilayah.

Pemerataan akses internet di Indonesia menjadi tantangan pemerintah saat ini di tengah semangat digitalisasi. Salah satunya adalah sebaran akses internet di wilayah pedesaan di Indonesia.

Menurut data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, saat ini ada 13 ribu desa yang masih belum memiliki akses internet. Padahal saat ini, keberadaan akses internet menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan kualitas hidup. Sekaligus mendorong perkembangan suatu wilayah yang tertinggal.

Akses internet memang menjadi salah satu pilar penting dalam mendongkrak perekonomian. Baik untuk menunjang proses produksi, distribusi maupun konsumsi suatu wilayah. Namun, faktor ini bukan satu-satunya jalan. Literasi digital pun perlu digenjot agar akses internet ini bisa bermanfaat. Baik untuk keperluan warganya maupun pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas layanannya.

Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa memang mengamatkan bahwa desa harus mendapatkan akses informasi. Termasuk dukungan fasilitas dan infrastrukturnya. Akses ini penting untuk menunjang pembangunan sekaligus mendorong keterbukaan informasi di tingkat desa.Namun begitu, pada kenyataannya masih banyak kendala yang menghambat perkembangan digitalisasi desa saat ini. Mulai dari kendala struktur, regulasi, hingga budaya di tingkat masyarakat maupun birokrasi desa.

Pendidikan literasi desa digital memang menjadi prasyarat penting seiring usaha pemerataan akses internet desa. Pendampingan dan pengelolaan yang tepat bisa berdampak besar pada kemajuan pembangunan desa. Apalagi, saat ini digitalisasi telah berkembang secara massif dan bisa membawa desa-desa di Indonesia terhubung secara global. Baik untuk mendongkrak potensi ekonomi desa maupun nilai budayanya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image