Jurnal

Digitalisasi Desa bermodalkan website dan system informasi desa

04 Oktober 2022
Administrator
Dibaca 38 Kali
Digitalisasi Desa bermodalkan website dan system informasi desa

Digitalisasi Desa  Modern ini digitalisasi desa sangat penting untuk meningkatkan kualitasnya agar semakin dikenal oleh khalayak luas. namun sebelumnya perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti jasa pembuatannya. Pastikan untuk memilih penyedia jasa terpercaya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menuntut masyarakat untuk mengikutinya supaya tidak tertinggal. Meskipun sebuah desa di wilayah terpencil sekalipun, sangat perlu membuat sebuah website. Nantinya bisa berisi mengenai potensi di dalamnya serta sejarah singkat. Berikut ini ulasannya:

  1. Memberi Ruang Dikenal Khalayak Luas

Melalui website, khalayak luas dapat mengenal sebuah desa meskipun lokasinya berjauhan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena pada umumnya di dalamnya memuat sejarah babad desa. Selain itu juga memungkinkan suatu lembaga mengembangkan potensi tersembunyi.

Sebah website desa dapat berfungsi sebagai jembatan persebaran informasi secara meluas. Masyarakat dapat mengakses berita terkini dari sebuah wilayah sehingga jika terjadi masalah bisa segera mendapatkan penanganan. Di samping itu memberikan ruang pemerintah untuk memonitoring.

  1. Publikasi Kegiatan Desa

Sistem platform media online sendiri yaitu dapat menyimpan data dalam jangka waktu lama dengan catatan tidak terinfeksi virus atau hack. Dengan begitu pihak terkait bisa memanfaatkannya untuk mempublikasikan semua kegiatan. Penyampaian bisa melalui artikel / foto dengan penjelasan singkat.

Kegiatan desa yang bisa mengelola publikasikan misalnya berupa pemberian bantuan, kreativitas masyarakat, atau posyandu. Bagian ini selain sebagai branding,juga memiliki fungsi lain yakni untuk mengkoreksi. Nantinya pemerintah desa dapat melakukan perbaikan dengan mudah jika ada kesalahan.

  1. Promosi Desa

Pada sebua desa tentunya terdapat potensi masing-masing yang bisa berfungsi untuk memajukan baik dari sektor perekonomian atau lainnya. Agar dapat dikenal secara luas, maka perlu membuat sebuah website. Sebaiknya pengelolaannya oleh pihak desa atau yang bertanggung jawab.

Cara mempromosikan sebuah desa bisa dengan mengunggah kegiatan, tempat wisata di dalamnya, serta hal-hal menarik misalnya sejarahnya. Poin-poin tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi lembaga-lembaga besar. Jika berkaitan dengan sejarah, memungkinkan pembukaan sebuah museum.

  1. Transparansi Desa

Sebagai langkah untuk memakmurkan masyarakat secara keseluruhan, pemerintah meluncurkan program dana desa. Penyalurannya sendiri terbilang beragam, salah satunya yaitu untuk memperbaiki segala fasilitas umum di suatu daerah. Selanjutnya pihak terkait perlu memberikan laporan.

Laporan yang pihak desa berikan bisa berupa file yang berisi data-data terkait atau langsung mengunggah di website resmi. Foto-foto kegiatan dapat menjadi bukti penting agar penyaluran dana benar-benar terlaksana. Sebab beberapa waktu terakhir sering terjadi kasus korupsi dana desa.

  1. Meningkatkan Pelayanan Masyarakat

Sebuah desa yang telah memaksimalkan fungsi dari website umumnya membuka layanan secara online. Selain meminta bantuan, masyarakat sekitar juga dapat mengajukan keluhan secara online. Hal ini akan sangat membantu untuk pemerintah desa melakukan perbaikan pada berbagai sisi.

Sebuah desa cenderung memiliki tingkat perekonomian sangat bervariasi. Hadirnya website resmi desa diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar mengakses atau memberikan informasi. Utamanya ketika mungkin ada orang dengan tingkat ekonomi rendah sedang membutuhkan bantuan.

  1. Bank Informasi

Website sendiri merupakan sebuah platform yang bisa pengguna akses kapanpun selama perangkat masih terhubung dengan internet. Hadirnya platform ini memungkinkan pihak desa memberikan informasi terupdate. Salah satunya pengumuman terkait dana bantuan atau penyelenggaraan sebuah acara.

Pada sebuah website dapat Anda isi dengan berbagai macam informasi penting berkaitan dengan desa. Jia dapat memanfaatkannya dengan baik dan benar, maka akan memperbesar kemungkinan lebih maju. Alhasil masyarakat sekitar semakin makmur dalam sebagian besar segi kehidupan sehari-hari.

  1. Data-data Terlindungi

Kemajuan teknologi bukan hanya berkaitan dengan dampak positif saja melainkan juga negatif. Saat ini ada banyak orang tidak bertanggung jawab dengan menggunakannya untuk tujuan pencurian data atau melakukan penipuan. Sedangkan jika menggunakan website, sudah terdapat sebuah sistem keamanan.

Seseorang bisa mendapatkan sistem keamanan yang kuat dengan melakukan penyewaan atau pembelian pada penyedia terpercaya. Tujuan utamanya yakni untuk melindungi data penting di dalamnya yang telah terunggah. Oleh sebab itu penting mencari penyedia jasa terpercaya dan berkualitas.

  1. Penyimpanan Bersifat Tahan Lama

Setiap file, foto, atau data yang pemerintah desa unggah pada website akan terjaga dan tetap bisa khalayak akses kapanpun. Isinya sendiri bisa berupa artikel mengenai babad desa yakni berkaitan dengan sejarah. Selain itu juga dapat berkenaan dengan berbagai potensi menariknya.

Setiap data yang termuat di dalamnya tidak memiliki batasan waktu tertentu yang memungkinkan tetap bisa khalayak akses meski telah lama terunggah. Saat ini sistem dari website semakin bagus bahkan beberapa sudah menyematkan kecerdasan buatan. Hanya saja pengelolaan harus di bawah profesional.

  1. Pengembangan Desa

Fakta menyebutkan, jika Indonesia pembangunan desa memang belum merata terutama pada wilayah pelosok. Masalah ini tidak bisa dipandang remeh karena berkaitan dengan kemajuan penduduknya. Bahkan beberapa wilayah akses menuju sekolah atau fasilitas umum masih sangat sulit.

Melalui website resmi, desa dapat menunjukkan kondisi sebenarnya agar pemerintah bisa ceat tanggap. Sebab keterlambatan penanganan bisa saja karena ketidaktahuan atau masalh lainnya. selain langsung dari pemerintah, memungkinkan pihak lain ikut membantu misalnya yayasan penggalang dana.

  1. Sarana Komunikasi Dua Arah

Ada beberapa jenis komunikasi dan yang paling efektif yakni sistem dua arah. Sebab satu orang dengan lainnya dapat langsung bertukar pikiran dan memberikan tanggapannya masing-masing. Adanya hal ini memungkinkan sebuah permasalahan bisa segera terselesaikan dan menemukan titik terang.

Fungsi ini akan sangat memudahkan jika sebuah desa memiliki wilayah sangat luas. Terkadang dusun yang letaknya cukup jauh dari pemerintah atau balai desa masih jarang terjamah dana bantuan. Melalui website resminya, masyarakat dapat mengajukan kritik dan satan sebagai sarana perbaikan.

  1. Menjadi Portal Berita Online

Website sendiri memiliki banyak jenis yang aksesnya bisa secara gratis maupun berbayar. Namun jika fungsinya untuk mengelola data-data desa maka sebaiknya menggunakan sistem berbayar. Sebab terbilang lebih aman apalagi jika menggunakan penyedia layanan terpercaya.

Selain sebagai media promosi, website resmi desa juga bisa Anda fungsikan untuk memuat berita terkini. Misalnya saja berkaitan dengan kegiatan pentas seni, pencapaian pemuda atau warga, atau penyaluran bantuan. Tentunya hal ini dapat meningkatkan awareness baik bagi pemerintah atau khalayak luas.

  1. Sumber Data Lengkap

Pada sebuah website bisa memuat banyak data dapat berupa foto, video, link YouTube, atau artikel terkait sebuah desa. Sebenarnya di dalamnya juga memberikan kisah inspiratif pemuda atau warga sekitar agar lebih menarik.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image