Jurnal

7 manfaat Internet Marketing untuk usaha kecil, Bisnis Cepat Berkembang

30 Oktober 2022
Administrator
Dibaca 0 Kali
7 manfaat Internet Marketing untuk usaha kecil, Bisnis Cepat Berkembang

Internet marketing atau pemasaran melalui internet sudah menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan para pebisnis saat ini, baik bisnis besar maupun kecil. Hal ini lantaran internet dapat menjangkau pangsa pasar lebih luas, lebih efektif.

Dalam penerapannya, internet marketing mengandalkan berbagai jenis platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, tiktok dan platform lain.  Selain itu, Anda dapat menggunakan situs web pribadi Anda atau marketplacr untuk menjual atau mengiklankan produk dan jasa.

Menerapkan strategi internet marketing ini akan memberi Anda banyak manfaat. Mulai dari kemudahan penggunaan,  biaya promosi yang rendah dan masih banyak lagi, berikut iselengkapnya :

7 Manfaat Internet Marketing untuk Bisnis dan Usaha Kecil : 

  1. Memfasilitasi interaksi pelanggan dengan mudah secara online. Di masa lalu, mencari informasi tentang produk dan layanan tertentu harus ditemukan di media cetak, brosur, atau dengan mengunjungi bisnis secara langsung. Namun, kini siapa saja dapat dengan mudah memperoleh informasi melalui media online. Selain itu, pemilik usaha tidak perlu lagi terjun langsung ke konsumen. Cukup optimalkan akun media sosial bisnis Anda menggunakan Instagram, Facebook, dll.
  2. Meningkatkan konversi penjualan. Jangkau calon konsumen di luar target geografi Anda melalui berbagai media digital yang dapat digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan produk Anda. Misalnya, Anda dapat menemukan produk yang Anda butuhkan melalui mesin pencari seperti Google. Google kemudian menunjukkan situs web/blog bisnis Anda dan seseorang di blog/situs web tersebut tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

  3. Hemat biaya promosi. Dibandingkan dengan promosi tradisional, promosi lewat internet jauh lebih murah dan efisien. Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, promosi melalui media online dapat menjangkau pasar yang tidak dapat dijangkau oleh toko offline.

  4. Anda dapat melayani pelanggan Anda secara real time. Selain itu, melalui pemasaran internet, Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen secara real time. Kedengarannya seperti detail kecil, tetapi sebenarnya berdampak besar pada penjualan bisnis Anda. Pelanggan yang direspon dengan cepat pasti akan merasa puas. Anda mungkin tidak ragu untuk menawarkan produk dan layanan Anda kepada kerabat dan teman dekat Anda.

  5. Membantu Anda menjangkau pengguna ponsel cerdas. Saat ini, hampir setiap orang memiliki smartphone yang terhubung ke Internet. Keuntungan menggunakan pemasaran internet adalah Anda dapat dengan mudah menjangkau orang-orang yang sering berinteraksi dengan HP. Adanya toko online telah memudahkan seseorang untuk berbelanja. Tidak perlu pergi ke toko secara langsung, Anda dapat dengan mudah memesan dari ponsel Anda dan mengirimkannya ke rumah Anda.

  6. Meningkatkan penjualan dan keuntungan. Menurut banyak laporan, internet marketing memiliki laba atas investasi (ROI) yang lebih tinggi daripada pemasaran tradisional dan mengungguli pemasaran jarak jauh. Tentunya hal ini sangat luas dan tidak lepas dari peran internet marketing yang dapat menjangkau konsumen baru setiap saat dari berbagai daerah dan luar negeri.

  7. Mengalahkan Pesaing. Di masa lalu, tampaknya mustahil bagi UKM untuk bersaing dengan perusahaan besar dan korporasi. Sekarang,  dengan munculnya internet marketing, masih mungkin untuk mengalahkan pesaing Anda. Menyediakan konten berkualitas di situs web, blog, atau akun media sosial bisnis Anda sudah cukup. Hal ini juga memastikan bahwa konsumen mendapatkan apa yang mereka inginkan, seperti layanan yang membantu dan ramah serta promosi menarik lainnya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image