Jurnal

Mulai Digitalisasi Bisnis Kamu dengan Langkah-Langkah Ini!

20 Oktober 2022
Administrator
Dibaca 54 Kali
Mulai Digitalisasi Bisnis Kamu dengan Langkah-Langkah Ini!

Kemajuan dalam era digital membuat kita bisa mendapatkan segala sesuatu hanya dalam satu genggaman. Tidak hanya itu saja, kemajuan teknologi juga memberikan perubahan signifikan bagi dunia bisnis. Soalnya mau tidak mau, kita sebagai pelaku usaha harus menyesuaikan dengan digitalisasi bisnis yang tidak terbatas pada tempat maupun waktu.

Apa yang dimaksud dengan digitalisasi bisnis?

Digitalisasi bisnis merupakan proses yang mengubah komunikasi, interaksi, dan segala manfaat dalam bisnis menjadi digital.. Melalui penerapan digitalisasi bisnis, para pelaku usaha beralih dari sistem konvensional menjadi virtual. Proses ini meliputi banyak hal, mulai dari transaksi sampai bagaimana cara pelaku usaha mengelola bisnis dan bertujuan untuk membuat kinerja pelaku usaha menjadi lebih efisien.

Langkah-langkah digitalisasi bisnis

Lantas, bagaimana sih cara memulai digitalisasi dalam bisnis? Pada dasarnya, digitalisasi bisnis bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana seperti:

1. Menyiapkan website bisnis

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mendigitalisasikan bisnis kita ialah dengan menyiapkan website untuk bisnis kita. Di era revolusi industri 4.0 ini, kehadiran website untuk bisnis sangatlah penting. Soalnya, sekarang ini aktivitas belanja online mengalami peningkatan yang pesat. Makanya, tidak heran jika kita kini juga familiar dengan istilah e-banking  serta e-commerce.

2. Menjadikan website sebagai tempat transaksi

Website yang Kamu siapkan untuk usaha Kamu juga perlu menjadi lahan penghasilan. Gunakan foto-foto produk dan jasa yang Kamu tawarkan beserta deskripsinya di website. Jadi, pelanggan bisa melihat dan mendapatkan informasi seputar produk yang ingin mereka beli. 

3. Menyiapkan media sosial dan kontak

Di dalam menjalankan usaha, Kamu pasti akan melakukan interaksi dengan pelanggan. Maka dari itu, pada masa kini, Kamu juga perlu menyediakan kontak, baik berupa nomor telepon, e-mail, serta media sosial. Soalnya, akun media sosial bisnis bukan hanya membantu Kamu menjalankan usaha, tetapi juga meningkatkan brand awareness pada audiens online.

4. Mengelola usaha secara online

Seperti yang sudah dijelaskan, digitalisasi bisnis ialah proses dimana Kamu mengubah cara-cara yang konvensional menjadi yang digital. Oleh karena itu, penting untuk mengganti kebiasaan mengelola bisnis dari yang manual menjadi yang digital. 

5. Menerapkan teknologi masa kini

Sesuai dengan revolusi 4.0 yang mempengaruhi semua bidang, di bidang bisnis pun pelaku usaha juga bisa memiliki kemudahan untuk menjalankan bisnis.

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image