Jurnal

Ekonomi Digital dan Keberlanjutan UMKM di Era Industri 4.0

20 November 2023
Administrator
Dibaca 462 Kali
Ekonomi Digital dan Keberlanjutan UMKM di Era Industri 4.0

Transformasi Digital menciptakan potensi baru bagi UMKM dalam mengembangkan bisnis, terutama dengan iklim bisnis Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di ASEAN. 

Namun, tantangan adopsi digital, terutama infrastruktur dan tren ekonomi publik, perlu studi lebih lanjut, untuk mengeksplorasi faktor keberlanjutan bisnis kecil yang lebih dalam dan lebih kompleks dari dimensi teknis besar teknologi dan manajemen bisnis. 

Kurangnya perhatian UMKM terhadap privasi data membuat bisnis mereka berisiko menjadi korban kejahatan dunia maya yang sangat besar dan menempatkan bisnis pada risiko simpul lemah dalam sistem infrastruktur teknologi dan rantai pasokan yang seharusnya efisien dengan teknologi. 

Hambatan untuk mengakses informasi dan kesadaran digitalisasi baru masih menjadi masalah bagi UMKM untuk mengidentifikasi pilihan teknologi yang tepat untuk bisnis mereka dan untuk mengelola perubahan. 

Terlalu sedikit pemilik UMKM yang melibatkan karyawan mereka dalam pelatihan TIK, dan terlalu banyak yang terus menghadapi kekurangan dalam keterampilan manajemen, komunikasi, atau pemecahan masalah yang sangat penting untuk inovasi dan adopsi teknologi.

Penelitian empiris dilakukan untuk menggali secara empiris faktor-faktor penerapan Teknologi Kemajuan Industri 4.0 dan Tren Ekonomi Masyarakat Perspektif Eksternal UMKM Indonesia dalam membangun kinerja bisnis digital yang berkelanjutan. 

Kuesioner dibagikan kepada 231 responden yang memenuhi persyaratan pemilik UMKM Indonesia yang diperoleh dari survei online dengan menggunakan teknik purposive sampling. Studi ini menunjukkan dukungan untuk semua hipotesis yang diajukan sebagai eksplorasi faktor pendukung kinerja bisnis digital yang berkelanjutan. 

Pola pikir UKM digital perlu dikembangkan dengan menjadikan usaha kecil berskala global. Integrasi Big Data dan IoT dalam bisnis UMKM menyelesaikan semua masalah bisnis dan membangun budaya bisnis yang inovatif, memberdayakan karyawan UMKM untuk menggunakan teknologi. 

Tantangan internal unit bisnis dapat diatasi dengan upaya strategis dan memanfaatkan peran eksternal dalam membangun bisnis digital UMKM yang berkelanjutan. Kolaborasi dengan pelaku Quintuple Helix dapat menjadi pilihan untuk semakin membangun bisnis digital yang berkelanjutan.

Pemerintah sebagai penggerak perekonomian negara dan menjaga keberlangsungan UMKM diharapkan tidak hanya mendorong UMKM untuk mengadopsi teknologi digital, tetapi juga mengembangkan empat hal penting yang dibutuhkan pelaku usaha, seperti literasi digital, mendorong dan membantu solusi produksi kesiapan kapasitas, mendorong peningkatan dan kualitas produk, serta membuka akses pasar bagi pelaku UMKM. 

Pemerintah Republik Indonesia sebagai leading sector saat ini tengah mewujudkan transformasi Industri 4.0 melalui roadmap Making Indonesia 4.0 dan berupaya mendorong penerapan teknologi digital, termasuk bagi UMKM. Roadmap Making Indonesia 4.0 mengupayakan agar industri kecil menengah memiliki teknologi mulai dari digital marketing, internet of things, cloud computing, automation, solar panel hingga nanotechnology.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image